Wisata di Rembang, Wisata Nuansa Historis dan Edukatif

Jika anda penggemar sejarah Indonesia, anda sudah tidak asing dengan nama Rembang. Kota yang masih termasuk daerah Jawa Tengah ini memang terkenal dengan tempat Sunan Bonang menyebarkan agama Islam, dan juga tempat pengabdiannya R.A Kartini. Selain wisata bernuansa sejarah, Wisata di Rembang juga menawarkan wisata alam yang sangat indah. Berikut kami rekomendasikan beberapa Wisata di Rembang yang harus anda kunjungi.

  1. Petilasan Sunan Bonang Lasem

Petilasan sunan Bonang dipercaya sebagai tempat peristirahatan Sunan Bonang selama menyebarkan agama Islam di Rembang. Tempat wisata religi ini tidak pernah sepi pengunjung yang sengaja berkunjung untuk sekedar bermain atau juga berziarah ke Makam Sunan Bonang. Sunan Bonang adalah salah satu dari Walisongo yang terkenal dengan dakwahnya di Indonesia.

  1. Wisata Makam R.A Kartini

Siapa yang tidak mengetahui Raden Ajeng Kartini? Wanita yang berjasa besar dalam hal emansipasi wanita ini memang banyak dikenang oleh masyarakat Indonesia. Berkat usaha kerasnya, wanita di Indonesia kini bisa bersekolah dan juga tak dipandang sebelah mata. Wanita yang lahir di Jepara, 21 April 1879 ini meninggal di usia yang masih sangat muda, yakni pada usia 25 tahun. Banyak orang yang berkunjung ke makam yang terletak di Desa Bulu, kabupaten Rembang ini untuk membuktikan salah satu bukti sejarah.

  1. Museum Pengabdian R.A Kartini

Selain Makam, di pusat kota Rembang ada salah satu museum yang mengabadikan pengabdian yang dilakukan oleh R.A Kartini selama di Rembang. Museum yang terletak di Jl. Gatot Subroto, Rembang ini sering dikunjungi oleh rombongan study tour yang biasanya sedang mempelajari sejarah Indonesia. Hanya di museum ini anda bisa melihat goresan tangan asli yang ditulis sendiri oleh R.A Kartini.

  1. Wisata Sejarah Lasem

Lasem terkenal sebagai tempat orang Tionghoa mendarat pertama kali saat di pulau Jawa. Maka dari itu pulau ini memiliki banyak sekali peninggalan bernuansa Tionghoa, dan banyak juga kampung-kampung kecil Tionghoa yang terbentuk di daerah ini. Namun karena penyebaran Islam sangatlah pesat, Lasem jadi lebih dikenal sebagai kota Santri. Namun walaupun begitu peninggalan khas tionghoa masih sangat terjaga keasliannya. Beberapa pesantren yang cukup terkenal di daerah lasem diantaranya pesantren pimpinan KH Masduki, Sayyid Abdurrahman Basyaiban, KH Khalil, KH Maksum, KH Baidhowi, dan lainnya.

Selain wisata sejarah, Rembang juga memiliki pantai, hutan mangrove, taman, dan wisata alam lainnya yang tak kalah elok dengan kota lainnya. pentingnya kita mengetahui sejarah agar bisa menjadi manusia yang bisa menghargai jasa pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Demikian artikel mengenai Wisata di Rembang yang bernuansa historis dan edukatif semoga bermanfaat untuk anda semua.