Wisata Banjarmasin yang Tak boleh di Lewatkan

Banjarmasin yang merupakan Ibu Kota dari Kalimantan Selatan ini memang mempunyai keindahan alam yang tentunya sangat menawan, mulai dari wisata panorama, wisata kota, hingga wisata bahari tentunya memiliki keunikan dan sejarahnya tersendiri. Kota yang dijuluki sebagai kota seribu sungai ini memang memiliki banyak sungai mulai dari yang besar hingga kecil, maka dari itu jika anda mendengar Banjarmasin, yang tersirat dalam pasar terapungnya yang menjadi ikon dari kota ini, karena memang kita tak akan menemukannya di kota lain.

Wisata Banjarmasin

  1. PASAR TERAPUNG MUARA KUIN BANJARMASIN

Pasar yang merupakan ikon dari Kota Banjarmasin ini tentunya tak boleh terlewatkan, berlokasi di Muara Sungai Barito, Jl. Kuin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan selatan merupakan pasar tradisional yang mampu bertahan hingga kini, dengan aktivitas jual beli yang dilakukan di atas sungai terapung dimulai pada pukul 5 pagi hingga jam 7 pagi ini menjual kebutuhan pangan pada umumnya, seperti hasil tani, hasil ternak, hingga baju. Yang tak kalah unik sang penjual akan menarik dagangannya menggunakan tongkat berukuran panjang untuk mencapai perahu yang lainnya atau dagangan yang lainnya menggunakan tongkat tersebut.

  1. MASJID SULTAN SURIANSYAH

Masjid Sultan Suriyansyah atau Masjid Kuin terletak di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin. Dibangun pada tahun 1526-1550 silam menjadikannya masjid tertua di Kota Banjarmasin, anda bisa berwisata religi disini dengan mengetahui sejarahnya, berkonsep seperti Masjid yang berbentuk panggung menjadikannya masjid ini unik, disertai dengan atap tumpeng dan ukiran-ukiran pada dinding khas dari Kalimantan selatan, dan keunikan lainnya terletak pada tempat imam solat atau mirhab yang mempunyai atapnya tersendiri.

  1. PULAU KEMBANG

Pulau kembang yang terletak di Tengah Sungai Barito, Kota Banjarmasin ini merupakan pulau yang berada di tengah-tengah sungai merupakan habitan bebrapa jenis burung dan habitat monyet, menjadikannya tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun local, ketika sampai anda akan disambut oleh monyet-monyet yang tinggal disini, namun jangan heran jika monyet-monyet ini sedikit usil maka anda perlu berhati-hati menjaga barang bawaan anda. Anda diperkenankan membawa buah-buahan atau makanan ringan untuk diberikan kepada monyet. Yang menarik adalah, di pulai ini terdapat arca putih berbentuk monyet.

  1. JEMBATAN BARITO

Jmebatan Barito merupakan jembatan terbesar di Kalimantan Selatan, terletak di Kecamatan Anjir Muara yang bertepi di sunagi barito barat hingga sungai barito yang berada di Kecamatan Alalak. Pada sore menjelang malam menjadi pemandangan yang sangat mengesankan dan kita dapat melihat Kapal Tongkrang yang berlalu lalang di sungai ini, sembari menikmati nikmatnya kue-kue yang dijual di atas jembatan tersebut. Anda pun dapat mengabadikan momen anda disini.

  1. KULINER DI SUNGAI MARTAPURA

Pusat Kuliner di Tepian Sungai Martapura merupakan tempat wajib yang bisa anda kunjungi, disini anda bisa menikmati makanan-makanan khas dari Kalimantan, sambil melihat pemandangan Sungai Martapura, sepanjang 300 meter kita akan menemui banyak makanan disini, mulai dari makanan khas Kalimantan maupun makanan khas pulau lainnya.