Wisata Alam Tangkuban Perahu Bandung

Tidak lengkap rasanya jika ke Bandung namun tidak mengunjungi salah satu destinasi khas Bandung yaitu Tangkuban Perahu atau orang Sunda menyebutnya Tangkuban Parahu. Tangkuban Perahu terletak di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Sama seperti kebanyakan tempat wisata di Lembang Bandung, Tangkuban Perahu mengutamakan pemandangan alamnya yang terus dijaga dan dilestarikan dari dulu hingga sekarang. Hanya beberapa bagian saja yang ditambah dan diperbaiki untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung. Namun secara keseluruhan, keadaan alamnya tidak diubah sedikit pun. Hal inilah yang menjadi daya Tarik wisatawan yang datang ke Tangkuban Perahu Bandung.

Asal-Usul Tangkuban Perahu Bandung

Awal mulanya kawasan wisata ini disebut dengan Tangkuban Perahu karena jika dilihat dari atas kawasan ini seperti perahu yang terbalik sehingga dinamakan Tangkuban Perahu. Akan tetapi, ada versi lain yang menyebutkan tentang asal usul tangkuban perahu yaitu dongeng Sangkuring. Dongeng ini sering dijadikan sebagai dongeng pengantar tidur orangtua jaman dulu dan diceritakan secara turun temurun sehingga dapat ditemukan berbagai versi cerita dari Sangkuriang. Meski demikian, inti dari ceritanya sama, yaitu Sangkuriang yang ingin mempersunting ibunya sendiri karena ibunya tetap terlihat muda dan wajah Sangkuriang telah berubah semakin dewasa. Ketika kecil Sangkuriang diusir ibunya karena telah membunuh si Tumang yang ternyata ialah ayahnya sendiri.

Setelah berpisah selama bertahun-tahun, mereka dipertemukan namun tidak mengenali satu sama lain hingga pada akhirnya mereka saling jatuh cinta dan Sangkuriang ingin menikahi Dayang Sumbi. Ketika Dayang Sumbi mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya, ia berusaha menolak dan memberikan persyaratan yang mustahil dilakukan, yaitu membuat danau dan perahu dalam satu malam. Dikarenakan Sangkuriang tidak dapat memenuhi permintaan Dayang Sumbi yang artinya gagal menikahinya, ia marah lalu menendang perahu yang setengah jadi tersebut lalu lama kelamaan berubah menjadi gunung yang dinamakan gunung Tangkuban Perahu.

Tiket Masuk Tangkuban Perahu Bandung

Terlepas dari asal-usulnya, pemandangan di kawasan Tangkuban Perahu Bandung memang menakjubkan. Selain itu, udara khas pegunungannya yang bersih dan sejuk sangat cocok untuk melepas lelah dan penat. Harga tiket masuk baik untuk turis domestik yaitu 20 ribu untuk week day dan 30 ribu untuk week end serta hari libur nasional. Sementara untuk turis mancanegara yaitu 200 ribu pada hari kerja dan 300 ribu pada akhir pekan serta hari libur nasional. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda, motor, dan mobil serta rombongan yang menggunakan bis akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir.

Jika Anda ingin mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu Bandung, pastikan untuk membawa perbekalan air yang cukup. Sebab, kawasannya sangat luas dan Anda harus menaiki banyak anak tangga untuk sampai ke beberapa tempat di sana. Meskipun dapat ditemukan banyak pedagang, namun tidak ada salahnya untuk berhemat.