Tempat Wisata di Tanjung Pinang yang Sering Meminang Hati Pengunjung

Tanjung pinang merupakan ibu kota dari Kepulauan Riau. Kota ini memiliki banyak sejarah, salah satunya tempat bahasa Indonesia yang mulai berkembang di salah satu pulau, yakni pulau penyengat. Berikur beberapa rekomendasi Tempat Wisata di Tanjung Pinang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan

  1. Masjid Raya Sultan Riau

Konon katanya, mesjid ini dibangun menggunakan putih telur sebagai perekat. Ide tersebut muncul dari salah satu arsitek yang melihat banyaknya putih telur yang terbuang. Mesjid ini menjadi satu-satunya peninggalan kerajaan Riau Lingga. Lokasi mesjid bersejarah ini terletak di pulau penyengat. Bangunan ini berwarna kuning terang sehingga menjadi salah satu bangunan yang paling mencolok.

  1. Pantai Trikora

Pantai ini memiliki air yang bersih dan juga pantai yang dangkal. Ada yang mengira bahwa nama trikora diambil dari wisatawan yang menemukan tiga batu koral yang ada di sekitar pantai tersebut, namun ada juga yang mengatakan jika nama trikora memiliki hubungan dengan ‘tiga komando rakyat’. Di pantai ini anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan ber-snorkling ria. Jika tidak memiliki alatnya, anda tidak perlu khawatir karena sudah ada tempat untuk menyewakan peralatan tersebut.

  1. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Vihara ini sering juga disebut dengan vihara seribu wajah karena ada patung yang jumlah aslinya hanya sekitar 500 patung dengan ekspresi yang berbeda-beda. Vihara ini terletak di sebelah barat Tanjung Pinang dan hanya berjarak 10 km dengan waktu tempuh selama 20 menit dari tanjung pinang. Tidak hanya umat Buddha yang berkunjung kesini untuk beribadah, namun umat lainnya juga boleh berkunjung untuk sekedar berwisata. Banyak pengunjung yang senang melihat berbagai ekspresi yang berbeda dari 500 patung.

  1. Bukit Panglong

Bukit panglong dulunya adalah sebuah tempat pertambangan yang sudah di eksploitasi besar-besaran bahkan sampai menggunakan alat peledak. Hal itu membuat adanya bekas bolong seperti kawah. Dengan sendirinya kawah tersebut terisi air dari hujan dan juga dari tanah. Alih-alih warna keruh, yang muncul adalah warna biru yang sangat cantik. Kolam ini memiliki kedalaman sekitar 50 meter.

  1. Danau Biru Bintan

Danau biru bintan terbentuk karena bekas galian tambang pasir dan terletak tepat di permukaan tanah liat yang cukup dangkal. Banyak orang mengira jika warna biru berasal dari tanah liat tersebut. Jika anda berkunjung saat siang hari, air danau akan memancarkan warna biru cerah yang sangat indah sekali. Sebenarnya, danau ini bukanlah sebuah tempat wisata, namun tempat tambang pasir yang memiliki keindahan berlebih sehingga banyak orang yang datang berkunjung.

Demikian artikel mengenai Tempat Wisata di Tanjung Pinang semoga bermanfaat untuk anda.