Tempat Wisata Di Klaten Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Wisata klaten- klaten merupakan sebuah kabupaten yang berada dijawa tengah, dan seperti yang telah kita ketahui bahwa klaten memiliki banyak destinasi wisata, baik itu wisata air maupun berbagai objek wisata peninggalan zaman dahulu. Dan selain itu juga klaten berbatasan dengan beberapa daerah di jawa tengah diantaranya yaitu boyolali, sukoharjo, dan juga daerah istimewa Yogyakarta.

Dan selain itu juga seperti yang telah kita ketahui bahwa klaten merupakan salah satu tempat yang memiliki sejarah panjang dalam kerajaan yang berada di indonesia, dan selain itu juga perkeambangan agama budha dan juga hindu di klaten ini sangatlah berkembang dengan pesat. Dan agama hindu dan juga budha ini sangat mempengaruhi tehadap corak dan juga peninggalan di kota klaten ini.  dan seperti yang kita ketahui bahwa klaten ini lebih terkenal dengan candi- candi yang berada dikota tersebut, bahkan saja tempat tersebut dijadikan sebagai tempat wisata. Dan ternyata banyak tempat wisata yang dapat anda kunjungi di klaten tersebut. Lalu tempat wisata apa saja yang dapat anda kunjungi di klaten ? penasaran? Simak ulasannya berikut!

Tempat wisata di klaten yang wajib dikunjungi

Ketika anda berkunjung ke daerah klaten, maka ada beberapa tempat wisata yang wajib anda kunjungi, maka dari itu inilah beberapa tempat wisata diklaten yang wajib untuk dikunjungi, diantaranya :

  1. Wisata Mata Air Cokrotulung Klaten

Salah satu tempat wisata diklaten yang harus anda kunjungi yaitu mata air cokrotulung atau lebih sering disebut sebagai obyek mata air cokro (OMAC) atau disebut juga sebagai cokro tulung. Wisata mata air cokro tulung ini merupakan tempat wisata air yang kebersihan airnya sangat terjaga. Dan selain itu juga anda dapat berenang dikolam yang terlah disediakan, yang dimana airnya tersebut berasal dari mata air murni langsung. Sehingga membuat pengunjung yang datang ke mata air cokrotulung ini merasa betah.

  1. Wisata Sejarah Candi Prambanan Klaten

 

Dan selanjutnya tempat yang sudah terkenal bahkan sudah sering orang telah berkali-kali datang tempat tersebut dan tempatnya yaitu candi prambanan. Candi prambanan ini berada dikecamatan prambanan, sleman dan juga berada dikecamatan prambanan, klaten yang kurang lebih berada di 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Candi prambanan memiliki arsitektur yang tingkat tinggi, dan sampai saat ini tidak diketahui secara pasti tingkat pembangunannya. Dan yang menjadi salah satu hal unuk pada candi ini yaitu candi prambanan terletak di wilayah administrasi desa bokoharjo. Sedangkan pintu untuk masuk berada di candi prambanan yang  terletak diwilayah administrasi desa tiogo.

  1. Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Tempat selanjutnya yang wajib untuk anda kunjungi ketika berkunjung ke klaten yaitu umbul ponggok. Merupkan salah satu wisata air yang sangat menarik dan juga unik. Selain itu juga anda dapat melakukan diving di umbul ponggok juga. Dan selain itu juga anda dapat menyelam, dan jug abermain bersama ikan,mengendarai motor, sholat dan juga lainnya. dan selain itu juga di umbul ponggok juga tersedia tempat untuk menyelam dengan memiliki luas 6.000 meter persegi dan juga kedalaman sekitar 1-3 meter. Dan harga masuk yang harus anda bayar pun ketika berkunjung kesini yaitu sekitar Rp. 5.000.

  1. Wisata Air Umbul Kapilaler Klaten

Tempat selanjutnya yang wajib untuk anda kunjungi ketika anda berkunjung ke klaten yaitu umbul kapilaler klaten. Umbul kapilaler klaten yaitu berada di umbulsari, ponggok, polanhajo. Umbul kapiler ini dapat membuat pengunjung yang datang merasa nyaman karena tempatnya yang rindang  yang berada dibawah pohon yang rimbun , dan juga tidak dipungut biaya untuk anda dapat menikmati sore hari di tempat ini. dan biasanya pada sore dan juga pagi hari umbul kapilaler ini digunakan oleh masyarakat untuk mandi.

  1. Wahana Galuh Tirto Nirmolo

Tempat wisata selanjutnya yang dapat anda kunjungi ketika berkunjung ke klaten yaitu galuh tirto nimolo yaitu sebuah tempat wisata yang berada di jl. Manisrenggo, km 1, tiogo prambanan, klaten. Yaitu sebuah tempat wisata yang berbentuk sebagai wahana kolam permainan untuk anak-anak seperti mandi bola, main perosotan, dan juga lainnya dan selain itu juga tersedia juga kolam untuk dewasa , kolam songsong gora, dan juga kolam kuda laut. Dan selain beberapa kolam yang ada ditempat tersebut, ternyata terdapat juga berbagai macam permainan seperti kereta wisata, boom-boom car, pesawat putar, becak mini, bioskop 3 dimensi flying fox, dan juga masih banyak permainan lainnya. karena beberapa arena permainan yang terdapat pada wahana galuh tirto ini maka pantas saja jika tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang favorit. Dan untuk dapat bermain disini maka anda dapat berkinjung pada jam 08.000- 17.30 dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000, dan untuk masuk kebebrapa kolam lainnya anda tidak harus mengeluarkan biaya lagi, trekecuali ketika anda ingin berkunjung ketempat permainan lainnya dengan harga yang bervariasi tergantung kepada jenis permainan dan juga hari kunjungannya. Dan jika pada hari libur maka tiket permainan yaitu dengan hargaRp. 30.000 sedangkan untuk hari biasa hanya sekitar Rp.3.500- 25.000. dan selain itu pun anda juga dapat menyewa perlengkapan renang seperti pelampung dengan harga Rp. 3000- Rp. 6.000. maka dari itu taman ini sangatlah cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

  1. Wisata Museum Gula Gondang Winangon Klaten

Dan salah satu tempat wisata lainnya yang dapat anda kunjungi yaitu museum gula gondang winangon yang tempatnya berada digondang, dan tempat ini merupkan salah satu museum gula yang memiliki daya tarik tersendiri. Dan museum ini ternyata museum gula terbesar se- Asia tenggara. Dan selian itu juga luas dari komplek ini yaitu sekitar 100 hektar. Dan ketika kamu berkunjung ke museum ini maka dapat menemukan beberapa alat replica pembuatan gula, diorama pabrik dan juga beberapa foto bersejarah, alat komunikasi lama dan juga lokomotif kereta tebu. Selain itu juga anda dapat dimanjakan dengan adanya perpustaan gula, tempat bermain bahkan juga tempat untuk makan yang ada disekitar museum tersebut.

  1. Wisata Sejarah Candi Sewu Klaten

Dan yang terakhir yang menjadi tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi yaitu candi sewu klaten yang berada di desa bugisan, kecamatan prambanan ini sebuah tempat yang memiliki  ggugusan candi sewu yang terdiri atas 249 buah candi, yang terdiri dari 1 candi utama, 8 candi pengapit, dan 240 candi perwara. Selain itu juga candi ini berdekatan dengan candi prambanan, yaitu jaraknya sekitar kurang lebih 800 meter disebah selatan. Candi utama dari candi sewu klaten ini berada dibagian tengah ,dan kemuadian dibagian tengahnya dikelilingi oleg candi pengapit dan candi-candi lainnya.

Nah, itulah tempat wisata di klaten yang wajib untuk dikunjung. Semoga bermanfaat!