Tempat Wisata Bersejarah di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi

Kota Kediri yang berada 130 km dari Kota Surabaya ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kota yang terkenal dengan perdagangan gula dan rokoknya ini terkenal dengan berbagai macam tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata air, hingga wisata bersejarah. Bagi anda yang senang berwisata sambil napak tilas kejadian dimasa lalu, Kediri menawarkan beberapa tempat wisata bersejarah yang keindahannya tak kalah dengan wisata alam. Tempat wisata di Kediri ini juga sangat instagramable, jadi banyak spot foto yang perlu anda abadikan disini.

Berikut tempat wisata bersejarah di Kediri yang wajib anda kunjungi.

Monumen Simpang Lima Gumul

 

Bag anda yang tau Arc de Triomphe di Paris, Monumen Simpang Lima Gumul ini memiliki struktur bangunan yang hampir mirip. Monumen Simpang Lima Gumul atau yang biasa disingkat SLG ini merupakan salah satu obyek wisata populer di Kediri, sehingga tak heran setiap harinya monumen ini ramai dikunjungi. SGL juga merupakan titik pertemuan antara 5 jalan di kediri, yakni Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren, dan Plosokan. Yang menjadi daya tarik SLG lainnya adalah monumen ini dipenuhi dengan ukiran atau relief yang mengilustrasikan cerita rakyat yang ada di kediri. Ukuran ilustrasi ini membuat monumen simpang lima gumul semakin indah. Bagi anda yang suka hunting foto, dianjurkan datang ke monumen ini di sore hari. karena sunset yang terdapat dimonumen ini sungguh memanjakan mata.

Goa Selomangleng

Goa yang berada 7 km dari pusat kota kediri ini terletak di Desa Wauhg, Kecamatan Mojoroto. Goa ini sangat kental dengan sejarah yang melekat. Masyarakat kediri percaya bahwa ga ini menjadi tempat mengasingkan diri Dewi Kilisuci, Putri dari Raja Erlangga. Dewi Kilisuci mengasingkan diri karena menolak menerima tatah kerajaan yang akan diwariskan Raja Erlangga kepadanya. Goa ini memiliki relief yang diukir sangat cantik. Goa yang memiliki tiga bagian ini terdiri dari tengah, kanan, dan kiri. Meskipun tidak memiliki ruang yang luas, namun kecantikan yang ada didalam goa ini membuat anda betah didalamnya.

Candi Surawana

Objek wisata Candi Surawana ini letaknya tidak jauh dari Kampung inggris yakni di Kecamatan Pare. Selayaknya candi lainnya di Indonesia, Candi Surawana juga memiliki nilai sejarah. Menurut sejarah, candi ini dibangun untuk memuliakann Raja Kerajaan Wengker yakni Vhre Wengker sekitar abad ke 14. Meskipun ukuran candi ini tidak terlalu besar, hanya 8 x 8 meter, tapi candi ini memiliki keindahan tersendiri. Candi yang dikelilingi dengan pemandangan alam ini memiliki daya tarik tersendiri. Candi ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang senang berfoto dengan latar belakang alam dan tempat bersejarah.