Pantai Menganti, Secuil Surga di Kebumen

Pantai Menganti merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya yang berlokasi di Kebumen, Jawa Tengah. Tidak hanya menikmati keindahan hamparan pasir putih yang membentang di Pantai Menganti, wisatawan juga dapat melihat pantai lainnya dari sini seperti pantai pantai Peacron dan Kalibata. Selain itu, di tengah-tengah laut biru dekat pantai terdapat sebuah pulau yang berisi batu karang. Pantai Menganti pun digadang-gadang sebagai surge kecil di Kebumen. Mengapa demikian? Simak ulasannya.

Legenda Pantai Menganti Kebumen

Setiap tempat di Indonesia seolah memiliki cerita tersendiri yang mendasari penamaan sebuah tempat. Begitu pula dengan pantai Menganti yang didasari oleh sebuah legenda yang berkembang di masyarakat sekitarnya. Alkisah ada seorang panglima perang yang mencintai seorang gadis. Namun sayangnya hubungan mereka tidak direstui ayah sang gadis sehingga mereka mencoba untuk kabur dan berjanji bertemu di suatu tempat. Tempat tersebut merupakan pantai dengan pasir putih dan barisan bukit yang mengelilinginya. Sang panglima menepati janjinya dengan datang ke pantai menunggu kekasih hatinya. Meskis kekasihnya tak kunjung datang, ia tetap menanti. Dari situlah pantai tempat panglima menunggu kekasihnya dinamakan dengan pantai Menganti.

Keindahan Pantai Menganti Kebumen

Meski telah dibuka sejak tahun 2011, akses jalan menuju Pantai Menganti terbilang cukup sulit dengan jalan berliku dan terjal. Belum ada jalan yang aman dan nyaman untuk dilalui. Meski demikian, tidak menyurutkan semangat para traveler untuk menjajaki surga di balik jajaran perbukitan karst ini. Ketika sampai di pantai, rasa lelah akan terbayarkan dengan panorama alam yang disuguhkan. Sejauh mata memandang, Anda akan mendapati hamparan pasir putih dan birunya laut samudera. Pantai indah ini dikelilingi dengan bukit karst yang membuat keindahannya semakin menakjubkan.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, disediakan tempat untuk berkemah yaitu di atas bukit dengan biaya lima ribu rupiah saja perorang. Pengalaman berkemah di atas bukit dengan pemandangan alam menakjubkan tidak akan terlupakan. Anda dapat menikmati sunset dan sunrise di atas ketinggian. Selain itu, dari atas bukit juga dapat terlihat dua pantai lainnya yang juga tidak kalah indah yaitu pantai kalibata dan Peacron. Ketika air surut, Anda juga dapat melihat pantai karang di tengah-tengah lautan. Menarik bukan? Bagi wisatawan yang ingin menikmati alam pantai Menganti dengan terjauh dari terik matahari telah disediakan pula gubuk atau bungalow yang disusun berjajar menambah keindahan pantai ini jika dilihat dari ketinggian.

Keindahan alam pantai Menganti memang tidak terduakan. Sayangnya, karena banyaknya pedagang dan pengunjung membuat pantai ini menjadi terlihat sesak seperti pantai kebanyakan. Akan tetapi, keuntungan yang tidak didapatkan di tempat lain ialah harga yang ditawarkan penjual sangat murah. Selain itu, untuk mendapatkan fasilitas seperti tempat kemah dan bungalow pun sangat terjangkau.