Pantai Gandoriah, Surga Dunia Pantai Pariaman

Pariaman merupakan salah satu kota yang terletak di Sumatra Barat. Berjarak sekitar 56 km dari kota Padang. Di kota ini menyimpan satu surge dunia yang sangat indah. Pantai Pariaman yang satu ini memang memiliki keindahan yang tiada dua. Pantai Gandoriah adalah salah satu pantai dari deretan pulau-pulau kecil di Pariaman. Nama Gandoriah diambil dari salah satu nama gadis di Minangkabau yang memiliki sebuah sejarah.

Daya Tarik Pantai Gandoriah

Daya Tarik yang sangat memikat dari pantai ini adalah panorama lautnya yang sangat indah. Terlihat enam gugus pulau kecil yang menghiasi pantai ini. Pulau-pulau tersebut tidak hanya dilihat namun bisa di kunjungi satu persatu dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit perjalanan. Saat di akhir pekan dan juga waktu libur, pantai ini diramaikan oleh beberapa fasilitas seperti olahraga air, selancar, dan lainnya. karena posisinya yang terletak di pusat kota sehingga memudahkan kita untuk menggunakan transpotasi umum jika akan berkunjung kesini namun tidak menggunakan kendaraan pribadi. Setiap tahunnya pantai ini digunakan sebagai tempat diselenggarakannya festival seni tabuik. Jika anda datang di saat perayaan festival tersebut maka pantai akan sangat ramai dikunjungi oleh orang-orang dari seluruh Sumatra barat bahkan luar Sumatra barat. Di sini juga kita bisa menyebrang ke pulau angsa duo, dengan menggunakan fasilitas yang disewakan. Jika bisa cari teman untuk menyebrang karena semakin sedikit orang yang menyebrang biaya sewanya semakin mahal.

Penginapan di Pantai Gandoriah

Anda yang ingin berlama-lama di pantai ini, jangan khawatir karena pantai ini menyediakan beberapa fasilitas menginap yang bisa anda pilih. Anda bisa mencari informasi yang tersebar di internet mengenai penginapan yang ada di sekitar salah satu Pantai Pariaman ini. Banyak pilihan dari mulai hotel berbintang hingga home stay biasa untuk anda yang melakukan perjalanan dengan backpacker-an.

Yang harus anda perhatikan saat berkunjung ke Pantai Gandoriah

Sangat disayangkan, pantai yang indah ini terkenal dengan ‘aksi premanisme’ yang dilakukan oleh beberapa oknum penduduk lokal. Aksi premanisme ini marak terjadi saat libur panjang ataupun libur biasa. Ada oknum yang membuat portal gadungan dan menarik biaya masuk yang cukup tinggi. Selain biaya masuk, harga tiket parkir pun melambung tinggi. Harga tersebut tidak dibuktikan dengan adanya karcis atau tiket dan tidak ada kerja sama antara pemerintah kota. Kebanyakan oknum hanya iseng dan ‘mencari uang rokok’. Selain harga parkir, harga makanan yang dijual di sekitar pantai cukup tinggi dan lebih mahal dari biasanya. Hal ini tentu membuat pengunjung mengeluh. Anda harus berhati-hati karena bisa jadi anda menjadi korban pemerasan oleh hokum yang tidak bertanggung jawab tersebut.