Mengenal 4 Manfaat Masker Spirulina Untuk Kulit Wajah

Spirulina atau tumbuhan air sejenis ganggang yang berwarna hijau kebiruan tak hanya ampuh sebagai makanan super dengan banyak khasiat, tapi juga bisa membantu dalam merawat kulit.

Sebagai asupan makanan, spirulina dapat membantu dalam hal detoksifikasi tubuh, meningkatkan sistem imun, memberikan efek anti-inflamasi, serta menurunkan tingkat LDL dan trigliserida kolesterol. Sementara, untuk kulit, ia dapat membuat kulit terlihat lebih cantik dan bersih jika dikonsumsi sebagai suplemen, maupun dibuat menjadi masker, baik untuk kulit kering maupun yang mudah berjerawat.

Masker spirulina dapat dibuat dengan mencampurkan bubuk spirulina dengan air putih dan diaduk hingga merata sehingga menjadi adonan masker. Aplikasikan masker ke kulit wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

Khasiat spirulina yang bisa didapatkan dari mengenakan masker spirulina ini memang tidak terlalu banyak seperti madu yang bisa memberikan 10 manfaat sekaligus, seperti melembapkan, mencerahkan, eksfoliasi, memberikan hidrasi, membantu menghilangkan jerawat , mengurangi kerut, menyamarkan bekas luka, memberikan kilau alami, membersihkan pori-pori, hingga membuat kulit terlihat lebih muda.

Namun, masker spirulina tetap patut untuk dicoba jika ingin mendapatkan kulit sehat dan awet muda jika masker lain kurang ampuh untuk kulit kamu. Berikut adalah beberapa manfaat masker spirulina yang bisa didapatkan.

  1. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan, vitamin E, tirosin, dan selenium menjadikan masker spirulina sebagai perawatan kulit yang mampu membantu mencegah penuaan dini. Tak hanya mengurangi garis halus dan kerut saja, masker spirulina mampu membuat kulit lebih kencang dan terlihat merona secara alami.

  1. Membantu menghilangkan jerawat

Ada banyak masker yang mampu membantu menghilangkan jerawat. Mulai dari telur, madu, hingga oatmeal. Jika tidak ada yang mempan untuk kondisi kamu, maka tak ada salahnya untuk mencoba masker spirulina. Dilansir dari Stylecaster , dokter kulit Dr. Joel Schlessinger mengungkapkan bahwa spirulina mampu membersihkan bakteri penyebab jerawat dari kulit.

  1. Mempercepat pertumbuhan sel kulit baru

Jika kamu memiliki banyak noda di kulit, masker spirulina dapat membantu untuk menghilangkannya, termasuk noda jerawat. Spirulina bisa mempersingkat proses metabolisme kulit, sehingga pertumbuhan sel kulit baru pun menjadi lebih cepat.

  1. Menghilangkan kantung mata

Kantung mata menjadi salah satu masalah kulit yang paling susah dihilangkan, apalagi jika tidak memiliki waktu tidur cukup selama beberapa malam berturut-turut. Masker spirulina juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini karena memiliki efek detoksifikasi. Selain itu, masker spirulina juga membantu mengatasi kulit kering di sekitar mata.