Keindahan Tana Toraja dan Destinasi Wisatanya

Apabila anda berkunjung ke Pulau Sulawesi, sempatkanlah waktu anda untuk berkunjung ke Tana Toraja. Keindahan budaya dan alamnya yang dimiliki Tana Toraja sudah terkenal hingga mata dunia. Tana Toraja memiliki adat istiadat yang kental yang masih dilakukan hingga sekarang. Selain adat istiadat masyarakat Tana Toraja yang sanga terkenal, Tana toraja memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat mengagumkan. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Kete Kesu

Dari namanya yang unik anda pasti penasaran tempat apakah ini. Keta Kesu adalah sebuah desa wisata yang terletak di Pantanakan Lolo, Desa ini memilki pemandangan indah dengan jajaran rumah adat masyarakat Tana Toraja yang disebut dengan Tongkonan. Didalam rumah adat ini tersimpat mayat-mayat yang belum dikuburkan. Selain itu, desa Keta Kesu memiliki sebuah bukit yang menyimpan beberapa benda purbakala dan goa-goa kecil tempat penyimpanan mayat yang tidak dikuburkan.

  1. Batu Tumonga

Wisata Tana Toraja selanjutnya yang patutu dikunjungi adalah Batu Tumonga yang berlokasi di jalan simpang Batutumonga, Tikala. Batu Tumoga adalah hamparan bukit dan persawahan yang berada di lereng Gunung Sesean. Masyarakat sekitar lebih sering menyebut tempat ini dengan julukan bukit teletubis. Hal menariknya lagi, anda bisa melihat awan, langit, sawah, saat pagi hari seperti  berada di puncak gunung.

  1. Air Terjun Tujuh Tingkat

Di Tana Toraja, anda juga bisa menikmati kesegaran air terjun yang begitu indah. Dari namanya saja pasti anda sudah bisa membayangkan bahwa ari terjun ini memiliki tujuh tingkatan. Dengan ketinggian yang bermacam-macam, Air terjun disini menghasilan debit air yang besar. Selain itu, air disini sangat jernih, jadi anda bisa berenang ataupun sekedar bermain air dengan ditemani panorama alam yang begitu menawan.

  1. Londa

Selanjutnya ada Londa, yakni tebing yang digunakann untuk menyimpat mayat didalam peti mati. Londa terletak di daerah Lembang Sabua, tempat ini terkenal dengan wisata religi, karena banyak orang datang untuk mendoakan para arwah yang sudah meninggal . Walaupun terkesan mistis , tempat ini berada di pegunungan dengan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk.

  1. Kalimbuang Bori

Wisata selanjutnya adalah Kalimbung Bori, tempat ini merupakan situs purbakala yang berada di Desa Bori. Biasanya upacara kematian sering diadakan di sini. Batu-batu berdiri nan kokoh menghiasi tempat ini. Orang sekitar percaya bahwa batu-batu itu berusia ratusan tahun dan fungsi batu-batu itu sendiri digunakan untuk mengikat hewan yang akan disembelih saat upacara diadakan.

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di Tanah Toraja, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk tetap menjaga keberishan tempat wisata yang anda kunjugi ya, selamat berlibur.