Informasi Pendidikan Terkait Kegiatan Pengayaan

Secara umum kegiatan pengayaan dapat diartikan sebagai salah satu kegiatan yang diberikan para perserta didik yang diidentifikasi telah melampaui persyaratan minimal yang ditentukan berdasarkan kurikulum. Kegiatan pengayaan ini dilaksanakan dan diberikan secara khusus dalam artian tidak semua peserta didik akan mendapatkan kegiatan ini. Jadi, jika para siswa ingin mendapatkan kegiatan tambahan ini tentu saja nilainya harus diatas KKM.

Kegiatan pengayaan umumnya memberikan kesempatan kepada para siswa yang memiliki kemampuan lebih dalam belajar untuk mengembangkan kemampuan, minat, bakat, keterampilan dan kecakapannya lebih optimal lagi. Keguatan ini juga berupaya untuk mengembangkan beberapa keterampilan para peserta didik berupa keterampilan seni, gerak, berekspresi. Selain itu kegiatan ini juga memberikan kesempatakan kepada para peserta didik untuk mengembangkan kreativitas, eksperimentasi dan juga keterampilan memecahkan masalah.

Mengingat begitu pentingnya kegiatan pengayaan ini untuk para siswa yang memiliki kemampuan lebih dalam belajar, maka pada ulasan informasi pendidikan berikut ini kita akan membahas tuntas mengenai kegiatan pengayaan, apa saja yang ada didalam kegiatan pengayaan dan siapa yang dapat melaksanakan kegiatan tersebut. Berikut ulasannya!

Jenis Kegiatan Pengayaan

Kegiatan pengayaan biasanya diadakan oleh sekolah-sekolah yang mengharapkan peningkatan dalam kualitas pembelajaran. Adapun beberapa jenis kegiatann pengayaan yang bisa diterapkan disekolah adalah sebagai berikut :

  1. Kegiatan eksploratori yang mana kegiatan ini bersifat umum yang dirancang dan disajikan kepada para siswa. Sajian tersebut biasanya berupa peristiwa sebuah sejara, peristiwa yang ada buku, tokoh maupun masyarakat yang diberikan secara reguler tanpa adanya kaitan dengan kurikulum.
  2. Keterampilan proses yang merupakan salah satu jenis kegiatan mandiri yang diperlukan oleh peserta didik dalam hal pendalaman serta investigasi terhadap topik nyata sesuai dengan minatnya sendiri.
  3. Pemecahan masalah yang merupakan jenis kegiatan yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan lebih dalam belajar untuk memecahkan suatu permasalah nyata. Jenis kegiatan ini menuntut para siswa untuk menerapkan pendekatan pemecahan masalah yang berupa penelitian ilmiah.

Bentuk Kegiatan Pengayaan

Bentuk kegiatan pengayaan ini terdiri dari 4 bentuk kegiatan yang perlu dilaksanakan dan diterapkan. Bentuk-bentuk kegiatan tersebut antara lain seperti belajar kelompok yang merupakan salah satu bentuk kegiatan dimana guru perlu membagi para siswa dalam sebuah kelompok yang memiliki minat tertentu yang biasanya diadakan saat jam pelajaran kosong.

Yang kedua yaitu mandiri yang merupakan bentuk kegiatan pengayaan secara mandiri sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Bentuk kegiatan pengayaan selanjutnya yaitu pembelajaran berbasis tema serta pemadatan kurikulum yang mana ke 4 bentuk tersebut perlu dilaksanakan dan diterapkan.

Itulah sekilas informasi pendidikan terkait kegiatan pengayaan di sekolah. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi solusi!