Developer Game Online Indonesia Paling Maju Di Asia Tenggara

Pertumbuhan industri game terus meroket setiap tahun. Data survei terbaru Newzoo pada 2014, industri Game di Indonesia senilai Rp 2,3 triliun. Setiap tahun sekitar 100 game baru dilahirkan oleh pengembang game. Tentu saja ini adalah berita yang menggiurkan bagi para pemain industri, terutama game.


Bahkan Badan Ekonomi Kreatif yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo telah menyebutkan industri game Indonesia. Sekarang, Badan Ekonomi Kreatif memasukkan produksi permainan dalam rencana kerjanya. Sebagai asosiasi yang mewadahi para pengembang game, tentu saja AGI (Association of Indonesian Games) membutuhkan peran pemerintah untuk memajukan industri game. Apalagi industri ini termasuk dalam industri terbesar di dunia.
Investor asing kini banyak melirik industri ini. Investor melihat pengembang game Indonesia saat ini termasuk yang paling maju di Asia Tenggara. Begitu banyak investor masuk ke Indonesia terutama tahun lalu, “kata Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia Andi Suryanto, kemarin.

Melihat peluang besar industri game di Indonesia, Andi juga berharap pemerintah memberikan dukungan untuk Industri ini. Harapannya tentu dalam 1 tahun ke depan mulai banyak game buatan Indonesia bisa di seluruh dunia, “kata Andi.
Narasi berikut Andi Suryanto kepada Pramirvan Datu Aprillatu dari masalah perkembangan industri game online di Indonesia:

Apakah agensi ekonomi kreatif berkontribusi pada industri game online?
Dari pertemuan kami di AGI, Badan Ekonomi Kreatif saat ini sedang mengerjakan rencana kerja.
Sebagai ketua AGI, apa visi dan misi Anda untuk pengembangan game online di Indonesia?
Visi AGI membuat industri pasar dan permainan di Indonesia unggul bersaing standar global dan teknologi tinggi. Kemudian untuk misinya, terlebih dahulu perluas hubungan antara perusahaan dari berbagai bidang yang terlibat dalam bidang permainan, kemudian tingkatkan kualitas kualitas dan layanan game terakhir di Indonesia agar dapat bersaing di dunia internasional dan yang terakhir untuk memediasi hubungan antara industri game dengan Pemerintah Indonesia.

Ketika peresmian ketua Badan Ekonomi Kreatif di istana, game online telah menyentuh?
Tentu saja. Permainan hari ini termasuk industri bisnis terbesar di dunia untuk industri kreatif.
AGI perang di beton untuk industri game online seperti apa?
AGI sering mengadakan kegiatan untuk pertemuan industri perjudian Indonesia, baik pertemuan lokal maupun internasional.

Apa kesulitan yang dihadapi AGI sejauh ini?
Sejauh ini kemajuan AGI masih bagus. Kesulitan utama kami masih mengundang semua pengembang game untuk bergabung bersama. Karena pengembang game di Indonesia banyak jumlahnya dan tersebar di seluruh Indonesia.
Apa program AGI dalam jangka pendek?
Program AGI dalam jangka pendek membentuk peringkat permainan dengan pemerintah. Saat ini di tahap finalisasi, semoga tahun 2015 ini bisa dijalankan. Peringkat permainan adalah pedoman bagi gamer untuk mencari tahu apakah gim ini cocok untuk bermain dengan usianya.

Sebelum pembentukan AGI, bagaimana kondisi game online Indonesia?
Sebelum AGI, di Indonesia kami tidak dapat mengadakan acara pertemuan lokal dan internasional. Jadi informasi yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan jauh lebih terbatas.
Jika dari data AGI berapa banyak penerbit yang aktif di Indonesia? Apakah pengembang juga bergabung?
Penerbit aktif saat ini ada sekitar 20-an. Pengembang ada sekitar 100 lebih.
Apakah AGI juga memproduksi undang-undang game online secara khusus?

Tidak, AGI di sini memainkan peran untuk memfasilitasi kebutuhan iklim industri game Indonesia. AGI juga sering berkomunikasi dengan pemerintah sebagai sumber industri game.
Di mana perkembangan pengembang game di pasar Indonesia?
Saat ini, pengembang Indonesia sedang mencari tren baru, yaitu game seluler. Ada juga banyak investor yang berinvestasi di pengembang game Indonesia.
Produk game lokal kami masih didominasi oleh Konsol dan Lan. Apakah ada peluang juga membuat first person shooter (FPS)?
Indonesia adalah negara dengan gamer pasar besar. Semua jenis game memiliki marketnya. Termasuk first person shooter (FPS).
Apa kesulitan penerbit lokal mengembangkan produk game online FPS?
Game first person shooter online (FPS) saat ini cukup berkembang di Indonesia. Tidak masalah.

Bagaimana cara menghitung kelebihan game online? Apakah itu perizinan, pembagian keuntungan, atau lainnya?
Tidak ada metode standar dalam industri kreatif. Bisa lisensi, pembagian keuntungan, beli putus dan lain-lain.
Kalau kelemahan game online kita apa?
Kelemahan game online terutama dari sisi peretasan (terobosan jaringan). Karena di Indonesia juga tidak ada hukum yang kuat untuk meretas perangkat lunak, sehingga banyak gamer yang tidak mengetahui bahwa hacking sebenarnya adalah kejahatan.
Apa yang menarik investor asing ke pasar Indonesia?
Investor melihat pengembang game Indonesia saat ini di antara yang paling maju di Asia Tenggara.