Dampak Game Online

Koneksi internet yang murah membuat game online semakin menjamur di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Lahan sempit untuk bermain semakin mendukung pengembangan game online. Kali ini untuk membahas dampak positif dan negatif yang mungkin dimiliki game ini pada kesehatan dan efek lainnya.


Dampak positif dari game online
1. Setiap game memiliki tingkat kesulitan / Level yang berbeda. Umumnya game ini dilengkapi dengan senjata, amunisi, karakter, dan peta permainan yang berbeda. Untuk menyelesaikan level atau mengalahkan musuh secara efisien membutuhkan strategi. Game online akan melatih pemain untuk memenangkan game dengan cepat, efisien, dan mendapatkan lebih banyak poin.
2. Tingkatkan konsentrasi. Kemampuan pemain game online untuk berkonsentrasi akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mencari celah yang mungkin dilewati dan memantau jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka semakin tinggi tingkat konsentrasinya.
3. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Penelitian yang dilakukan di Manchester University dan Central Lanchashire University menyatakan bahwa orang yang bermain game 18 jam seminggu atau sekitar dua setengah jam per hari dapat meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan
4. Peningkatan kemampuan membaca Psikolog dari Finlandia Univesity menyatakan bahwa permainan meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Jadi pendapat bahwa jenis permainan ini menurunkan tingkat minat baca anak-anak sangat tidak beralasan.
5. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Sebuah penelitian menemukan bahwa gamer memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik meskipun tidak mengambil kursus di sekolah atau perguruan tinggi. Ini karena banyak alur cerita yang diceritakan dalam bahasa Inggris dan terkadang mereka mengobrol dengan pemain lain dari berbagai negara.
6. Tingkatkan pengetahuan tentang komputer untuk menikmati permainan dengan kualitas gambar yang nyaman dan bagus, gamer game online akan mencoba mencari informasi tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat digunakan untuk bermain game. Karena pengguna komputer biasanya aktif mereka juga akan belajar mengatasi masalah komputer dan overclocking.
7. Peningkatan kemampuan mengetik Kemampuan mengetik pasti meningkat karena mereka menggunakan keyboard dan mouse untuk mengontrol permainan.

Dampak Negatif dari Game Online
Sebagian besar game yang saat ini beredar dirancang untuk menyebabkan kecanduan para pemain. semakin banyak yang kecanduan permainan, pembuat game akan mendapatkan keuntungan karena meningkatnya pembelian emas / alat / karakter dan sejenisnya semakin meningkat. Namun manfaat dari produsen ini justru menghasilkan dampak buruk bagi kesehatan psikologis para pemain gim.
2. Mendorong melakukan hal-hal negatif
Meski jumlahnya tidak banyak tapi cukup sering kami menemukan kasus gamer online yang mencoba mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Kemudian ambil uang di dalam atau lucuti peralatannya yang mahal. Aktivitas pencurian ini biasanya berjalan pada pencuri akun lain seperti facebook, email menggunakan keylogger, software kracking dll. Bentuk pencurian ini tidak hanya terbatas pada pencurian id dan kata sandi tetapi juga dapat menyebabkan pencurian uang – meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan pencurian waktu, seperti membolos sekolah untuk bermain game.
3. Berbicara kasar dan kotor
Entah ini terjadi di seluruh dunia atau hanya Indonesia tetapi sejauh yang penulis temui di kafe-kafe di berbagai kota. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan kasar saat bermain di kafe atau pusat permainan.
4. Pengabaian kegiatan di dunia nyata
Keterikatan pada waktu penyelesaian tugas dalam permainan dan kesejukan bermain itu sering membuat berbagai aktivitas terbengkalai. Waktu ibadah, tugas sekolah, kuliah atau pekerjaan menjadi tidak aktif karena bermain game atau memikirkannya. Apalagi banyak game yang terus berjalan meski kita sedang offline.
5. Perubahan pola makan dan istirahat
Pernah mengalaminya? Perubahan pola istirahat dan diet telah terjadi di gamer jamak karena penurunan kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur lebih awal untuk mendapatkan happy hour (internet murah di pagi hari)
6. Limbah
Uang untuk membayar sewa komputer di warnet dan membeli emas / poin / karakter terkadang bisa mencapai jutaan dolar. Belum lagi koneksi internet, dan upgrade spesifikasi komputer di rumah.
7. Mengganggu kesehatan
duduk terus-menerus di depan komputer selama berjam-jam jelas berdampak negatif pada tubuh
Ketegangan mata regangan mata adalah kelelahan mata yang terjadi karena penggunaan mata yang berlebihan, lihat objek yang sama secara terus menerus misalnya layar komputer, TV, mikroskop dan mengendarai mobil.