Cara Membuat Robot Sederhana Untuk Pemula

Bagi sebagian orang, belajar elektronika itu menyenangkan. Karena dengan ilmu elektronika, kita bisa menghasilkan berbagai robot yang menarik. Ada banyak jenis robot yang dapat dibuat ketika kita memiliki ilmu elektronik yang berubah dari robot sederhana menjadi robot rakitan canggih.
Untuk pemula, mungkin robot sederhana bukanlah hal yang sulit. Karena material dan sirkuitnya juga mudah. Tipe robot yang biasanya dibuat untuk pemula adalah robot line follower atau robot line yang mengikuti. Prinsip operasi robot akan mengikuti garis yang dibuat.

Robot ini menggunakan sensor cahaya dalam bentuk fotodioda. Sensor bertindak sebagai pengenal garis gelap dan terang, yang merupakan jalur robot itu sendiri. Robot line follower juga bisa dikembangkan untuk yang lebih canggih, seperti robot api dan robot lainnya.

Garis robot pelacakan garis sederhana
Berikut adalah garis besar robot garis sederhana yang dapat Anda salin dan terapkan. Serial ini sangat sederhana dan, tentu saja, Anda dapat membuat rumah sendiri, terlepas dari apakah Anda seorang pemula atau telah mempraktikkannya. Keingintahuan?

Rangkaian robot sederhana ini menggunakan beberapa komponen elektronik dasar seperti LED, transistor, resistor dan dua motor DC sebagai output. Sumber LED digunakan sebagai sumber cahaya, yang kemudian tercermin dalam jalur robot. Kemudian, pantulan fotodioda diterima dan ditransmisikan ke transistor.

Jumlah pantulan cahaya yang diterima oleh fotodioda mempengaruhi pergerakan motor DC, yang menjadi kekuatan pendorong utama robot pengikut garis. Sensitivitas dari motor DC dapat disesuaikan melalui variabel resistansi yang dipasang di sirkuit.

Sangat sedikit informasi tentang cara membuat robot sederhana untuk pemula. Kami berharap informasi ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi pembaca setia learnelektronika.net. Sampai jumpa di ulasan lain yang tidak kalah menarik. Dan bagikan artikel ini dengan teman-teman Anda, jika bermanfaat.