Berikut Ini Puluhan Pekerjaan yang Terancam Digantikan Robot

Seiring dengan perkembangan teknologi, tugas-tugas domestik seperti menyapu lantai, menyiram tanaman untuk mengendarai mobil kini telah perlahan-lahan diganti bahkan oleh mesin robot. Itu juga terjadi di banyak perusahaan.

Ada beberapa pekerja yang harus membuat pekerjaan mereka diambil alih oleh robot. Sebuah laporan untuk Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) mengidentifikasi pekerjaan yang berisiko dari teknologi dan robot.

Tempat kerja yang berisiko digantikan oleh robot adalah mereka yang berada di bawah skala gaji, termasuk pekerja, asisten kebersihan, pemulung, pengolah, dan pembantu dapur yang menyiapkan makanan. Bahkan tenaga penjualan, perwakilan layanan pelanggan dan profesional kesehatan berisiko kehilangan pekerjaan mereka.

Seperti yang dilaporkan Gulf News beberapa hari yang lalu, sekitar 25 pekerjaan akan digantikan oleh teknologi canggih seperti asisten persiapan makanan, wanita pembersih dan pelayan, penambang, desain, manufaktur, transportasi, perakitan, driver, operator seluler.

Termasuk pekerja pertanian, kehutanan dan perikanan, produsen mesin dan mesin berat, pengolahan makanan, pekerja garmen, pekerja hutan yang berorientasi pasar, nelayan, pekerja pertanian, pekerja layanan pribadi, pekerja logam, mesin dan perdagangan.

Dalam hal industri, karyawan di bidang makanan dan minuman, ternak, pabrik, kurir dan layanan pos, jasa transportasi dan konstruksi adalah yang paling rentan terhadap robot dibandingkan dengan pekerjaan lain.

Studi OECD berfokus pada risiko otomatis yang telah diuji di lebih dari 30 negara di seluruh dunia. Ini menunjukkan hasil penelitian yang berkembang pada bantuan robot untuk pekerjaan manusia.