10 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Harus Dikunjungi

Jawa Tengah adalah provinsi di bagian tengah pulau Jawa. Karena lokasinya yang sentral, provinsi ini sering digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi orang yang melakukan perjalanan dari Jawa bagian barat ke Jawa bagian timur. Provinsi ini, yang merupakan pusat kebudayaan Jawa, juga memiliki banyak tempat menarik. Apa saja tempat wisata di Jawa Tengah yang harus dikunjungi?

1. Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng berjarak sekitar 30 km dari Wonosobo dan merupakan daerah vulkanik besar dengan beberapa kawah dan kuil Hindu kuno. Dataran Tinggi Dieng berada di ketinggian 2.000 meter dan memiliki suhu yang sangat rendah. Pada siang hari, suhunya bisa mencapai 15 derajat Celcius dan 10 derajat Celcius di malam hari. Dataran Tinggi Dieng dikelola sebagai objek wisata di pusat Jawa oleh kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

2. Taman air Guci
Guci Hot Water Park berlokasi di Tegal, Jawa Tengah. Untuk sampai ke Taman Air Panas Guci Anda harus berkendara 40 km ke selatan Tegal atau sekitar 30 km selatan Slawi. Selain objek wisata air panas alami lainnya, air panas di taman air panas Guci di kaki Gunung Slamet juga digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Fasilitas wisata di kawasan wisata seluas 210 hektar ini adalah kolam air panas, berjalan di hutan, akomodasi, berkemah, lapangan tenis, dan lapangan sepak bola.

3. Kepulauan Karimunjawa
Kepulauan Karimunjawa terletak di kota utara Jepara dan Semarang. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, di mana hanya 5 pulau yang dihuni. Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Jawa Tengah karena keindahan laut dan pantai yang ditawarkannya. Selain perjalanan ke pantai, Anda juga bisa bermain di Kepulauan Karimunjawa dengan kura-kura dan hiu. Untuk mengunjungi kawasan wisata ini, Anda harus memperhatikan jadwal, jangan ketinggalan!

4. Candi Borobudur
Candi Borobudur adalah objek wisata di Jawa Tengah, yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia dan menarik banyak wisatawan yang tertarik pada wisata budaya dan pariwisata religius. Candi Borobudur terletak 40 km di utara Yogyakarta dan memiliki koleksi relief Buddha yang paling lengkap di dunia. Candi Borobudur adalah model mini dari alam semesta dan dibangun pada 770 Masehi sebagai tempat pemujaan dan memuliakan Sang Buddha.

Museum ke 5 dari Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa terletak di pusat Ambarawa, sekitar 20 km dari Semarang. Sebelum Museum Kereta Api Ambarawa menjadi museum, itu digunakan untuk menjadi stasiun kereta api kemenangan. Seperti namanya, yang Ambarawa Railway Museum memiliki koleksi yang unik dan lengkap dari kereta api, termasuk kereta 21 uap, peralatan Morse Telegraph, telepon antik, mebel antik dan lonceng tua. The Pride Collection of the Ambarawa Railway Museum adalah 3 kereta uap di seluruh dunia.

Pantai laut 6th
Marina Beach bukanlah Pantai Marina di Batam, tetapi Marina Beach di Semarang. Pantai Marina adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah oleh wisatawan lokal, karena hanya beberapa ratus meter dari Bandara Internasional Semarang, khususnya Bandara Ahmad Yani. Di Marina Beach Anda dapat bermain perahu, pergi memancing, balap mobil mainan, berenang, berjalan-jalan di kebun buah naga.

7. Kastil Maerokoko
Apa itu Puri Maerokoko? Puri Maerokoco adalah versi mini-park dari Jawa Tengah di Semarang. Saat ini, Kastil Maerokoko telah menjadi tujuan wisata dengan nilai pendidikan dan budaya, dengan banyak orang tua membawa anak-anak mereka ke sini. Puri Maerokoco juga dipuji sebagai rute yang mudah melalui Jawa tengah, karena menampilkan beberapa rumah adat di seluruh pusat Jawa. Selain rumah-rumah tradisional, Puri Maerokoco juga memiliki fasilitas wisata seperti kolam ikan, sepeda air, kereta api, pasar terapung, Bianglala, perahu dan lain-lain. Puri Maerokoco buka dari jam 8:00 pagi jam 6:00 malam dan harganya 10.000 rupee.

8. Desa Wisata Tlogoweru
Desa Wisata Tlogoweru terletak di Demak, Jawa Tengah. Apa yang istimewa dari kota ini sehingga menjadi salah satu tempat di Jawa Tengah? Desa Wisata Tlogower terkenal dengan banyaknya burung hantu. Burung hantu ini sebelumnya dirancang untuk mengurangi dan membasmi hama dalam bentuk tikus, yang sangat merusak tanaman jagung. Selain berhasil mengendalikan hama tikus, burung hantu juga menjadikan kawasan ini sebagai kawasan wisata yang penuh inovasi dan keunikan. Selain melihat ratusan burung hantu yang terbang bebas, Anda juga bisa melihat cara merawat burung hantu. Desa Wisata Tlogoweru juga memiliki aturan unik yang dilarang menembak burung, jika sakit, 2.500.000 rupee akan dihukum.

9. Pantai Kartini
Pantai Kartini adalah sebuah resor wisata di Jepara, Jawa Tengah. Luas lebih dari 3 hektar juga merupakan tempat transit dan koneksi bagi mereka yang ingin bepergian ke Kepulauan Karimunjawa. Pantai ini juga dikenal sebagai pantai karena diyakini bahwa pantai ini menyembuhkan beberapa penyakit. Pantai Kartini memiliki beberapa jenis objek wisata, seperti kebun binatang, taman bermain, skenario hiburan, penyewaan perahu dan lain-lain.

10. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah terletak di kota Semarang. Masjid yang dibangun pada tahun 2001, diresmikan pada tahun 2006 dan merupakan masjid terbesar dan termegah di provinsi Jawa Tengah. Bangunan itu sendiri adalah masjid arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa. Fasilitas yang merupakan bagian dari Masjid Agung Jawa Tengah termasuk museum, studio radio, Al Quran besar, payung listrik dan lain-lain.